Wednesday, August 12, 2009

Mengecilkan ukuran foto dengan resolusi tinggi

Jika anda mengirimkan lamaran kerja via email, biasanya foto yang dikirim dalam attachment harus berukuran maksimum 100kb. Nah, bagi beberapa orang ternyata prosedur ini cukup memusingkan. Ada juga beberapa orang yang mengecilkan resolusi foto sampai dibawah 400pixel. Jika anda memakai GIMP, sekarang anda tidak perlu pusing lagi.
Dalam gambar dibawah ini, original file berukuran 4,5MB dengan resolusi 2560x1920. Nah, tanpa mengurangi resolusi, dengan hanya menurunkan kualitas (silahkan save-as photo dengan nama yang lain) kita dapat menjadikannya berukuran 368,1kb.

Gambar dibawah berukuran aseli 4,47MB



Setelah kualitas diturunkan menjadi 90, ukuran file menjadi 1442kb dan diturunkan lagi menjadi 60, ukuran file menjadi 519kb. Drastis bukan....?


Jika anda menginginkan ukuran dibawah 100kb, resize foto (image > scale image) sedikit demi sedikit dengan kualitas yang sama (30 misalnya). Hal ini untuk mendapatkan resolusi tertinggi dengan ukuran file minimum.

Selamat mencoba...

11 comments:

  1. blognya keren nih
    sering sering post ya

    ReplyDelete
  2. ini dia yg saya cari..makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  3. tips yang sangat cerdas, tapi maaf.. sebaiknya dijelasin juga tentang GIMP? thx..

    ReplyDelete
  4. cara download programnya di mana mas?

    ReplyDelete
  5. Sempat bingung dengan ini semua, tapi ternyata caranya cukup mudah, silakan buka gambar dengan GIMP lalu save as dengan tipe gambar *.jpg. Kalau ada pesan pop up tinggal klik export than atur deh quality gambarnya. 1,2 MB bisa jadi 25 kb < benar-benar ekstrim. Like this and terima kasih

    ReplyDelete
  6. referensi paing kece disaat ngerjain tugas kejepit gini.. ^^

    ReplyDelete
  7. Thank you, lagi butuh tipsnya lagi cari di google mampir blog ini, terimakasih

    ReplyDelete
  8. Thx buat tutorialnya...
    Jual suzuki satria 》www.dealermotorsuzuki.com

    ReplyDelete
  9. trims atas tutorialnya, sangat membantu

    ReplyDelete
  10. Salam knal sesama pnguna GIMP, thnx infoy, ane lg blajar gimp kbtulan di linux ubuntu.mantab, maf, blog ane msih blum d garap, gk ade wktu....//.nahooy.blogspot.com

    ReplyDelete