Thursday, April 23, 2009

Efek tetesan air

Setelah beberapa posting yang lalu kita membahas seputar foto, agar tidak bosan sekarang kita iseng buat yang lainnya yuk. Jika anda menemukan gambar daun kering, terasa gersang, dengan sedikit permak dapat kita jadikan lebih segar. Berikan efek basah dengan tetesan air...

Nih contohnya....

1. Buka gambar yang akan diberi efek tetesan air. Agar kelihatan segar dan nyata, saya gunakan gambar daun hijau segar dengan resolusi 1280x960

2. Buat layer baru dengan fill type transparan
Layer > New Layer (fill type: Transparent)
Disini saya beri nama layer Air


3. Ganti mode layer menjadi overlay


4. Buat seleksi dengan Eclipse tool diatas layer Air


5. Pilih Blend tool, pilih gradient FG to BG (Hitam dan Putih) kemudian isikan kedalam seleksi yang tadi dibuat


6. Berikan efek bayangan
Filters > Light and Shadow > Drop Shadow


6. It's really simple man....!!

3 comments:

  1. Kok sudah tidak diupdate lagi?
    Saya kebetulan baru lihat postingan mas di linux.or.id pas cari2 komunitas GIMP Indonesia.
    Idenya asik tuh bikin komunitas lokal.
    Saya juga mau jadi kontributor lho

    ReplyDelete
  2. Nah, ni sekarang udah update. Maaf kemaren2 masih sibuk banget:)
    Oke mas anggoro, sekarang saya masih mikir2 enaknya web dibuat seperti apa. Ada ide?

    ReplyDelete
  3. wah asyikna ada yang mau bikin komunitas gimp indonesia...
    maklum english saya buruk...
    hehhehee...
    ayo bikin gimp indonesia!!!!!

    ReplyDelete