Sunday, January 4, 2009

Membuat foto sederhana ala PhotoBox

1. Buka sebuah foto yang akan diproses. Sebaiknya pilih foto dengan background tidak banyak warna/polos agar lebih mudah menghilangkan background-nya. Buka juga gambar yang akan dijadikan latar nantinya.


2. Kopi foto ke gambar latar kemudian buat layer dari hasil paste foto


3. Pilih Select by color tool, kemudian ambil warna background foto

4. Hapus bagian yang telah diseleksi (tekan tombol delete)
(Jika pinggiran foto terlihat kasar, rapikan dengan Erase Tool)


5. Duplikat layer utama

6. Pilih Scale tool. Perbesar layer sesuai keinginan anda. Kunci layer agar rasio tidak berubah


7. Pindahkan layer tersebut ke bawah layer utama, tata sedemikian rupa dengan Move Tool


8. Kecilkan nilai opacity



9. Pilih Filter > Artistic > Softglow...
Settinglah Glow radius, Brightness dan Sharpness sesuai keinginan anda


10. Pilih Filter > Layer Effect > Outer Glow...


11. Pilih Crop Tool, potong gambar sesuai kebutuhan



10 . Finish!!

7 comments:

  1. Ternyata mudah kalo ada yang ngajarin, tengkyu pak guru, sekarang tak praktekin dulu ah, eh poto siapa tuh...hehehe

    ReplyDelete
  2. Mas aku mbok ya diajari biar bisa utak-atik poto istri & anakku ,sekarang aku udah install gimp di pc cuma baru bisa bikin poto gelap jadi terang kalo yg macam2...wkwkwkwk belum bisa
    Kalo bisa tutorialnya yg banyak mas biar aku juga pandai spt mas.....makasih atas tutorial gimpnya

    salam

    ReplyDelete
  3. #prediksi soal ujian
    Thanks udah mampir...
    Mudah2an bisa istiqomah postingnya:)

    #napoer
    Yah, ikutin saja blog ini terus. Kita belajar bareng2. Oke...!!

    ReplyDelete
  4. tutorialnya ciamik Mas, jadi ngiri . . . saya save dan saya coba praktekkan.

    saya juga bikin tutoarial GIMP di blog saya, semoga makin banyak yang bikin tutorial GIMP. ;)

    http://rowrowstory.blogspot.com/search/label/GIMP

    ReplyDelete
  5. indahnya berbagi... tutorialnya keren n mantab banget... hidup opensource

    ReplyDelete
  6. mas gak ad sensornya yang ini he................

    ReplyDelete
  7. thanks gan .hehe
    #btw salah fokus sya

    ReplyDelete